Selasa, 29 Desember 2009

TUGAS SEMESTER 3

SOAL
1. Pada akhir-akhir ini menunjukan adanya gejala bahwa para artis wanita Indonesia berkecenderungan lebih suka menikah dengan bangsa asing dengan alasan ingin memperbaiki kualitas keturunannya, bertolak dari kasus tersebut, maka :
a. Bagaimana sikap dan tanggapan saudara mengenai kasus tersebut jika sikap dan tanggapan anda dikaitkan dengan wawasan kebangsaan saudara?
b. Dampak apa yang muncul jika terjadi perceraian?
JAWAB :
a. Tanggapan saya mengenai kasus tersebut adalah ha; ini merupakan indikasi yang sudah tampak bahwa rasa nasionalisme yang ada dalam jiwa para artis sudah mulai luntur. Ini dapat dilihat dari kasus diatas, dengan pengertian yang tidak langsung bahwa para artis kurang begitu suka dengan bentuk fisik yang dimiliki bangsa Indonesia dimana bentuk fisik ini merupakan ciri khas yang dimiliki bangsa ini. Mereka lebih menyukai bentuk fisik orang asing yang mereka anggap lebih indah untuk dipandang mata. Mereka para artis seakan bangga apabila mempunyai suami orang asing yang jelas jelas mempunyai budaya yang berbeda dengan budaya kita. Dimana budaya Indonesia yang terkenal ramah dan sopan akan tercuni budaya orang asing yang modern, kurang memperhatikan kesusilaan. Ini merupakan ancaman yang serius apabila sudah banyak wanita Indonesia menikah dengan orang asing, bisa-bisa budaya yang kita junjung tinggi nilainya dapat luntur dan bahkan hilang tak berbekas. Sikap saya, saya kurang begitu setuju apa bila banyak wanita Indonesia menikah dengan pria asing. Karena selain rumit dalam mengurus surat pernikahan, wanita Indonesia juga akan terancam kewarganegaraannya, mereka terancam mengikuti warga Negara suaminya. Dan apabila ini terjadi jelas sekali bahwa rasa nasionalisme mereka berkadar sangat rendah sekali. Apabila para pejuang dahulu tau tentang ini beliau-beliau pasti akan sakit hati. Karena mereka dulu rela memperjuangkan mempertaruhkan nyawanya demi kemerdekaan Indonesia. Bahkan ada lagu yang liriknya ”walaupun sebilah pedang akan merenggut nyawaku kau tetap Indonesiaku” ini menunjukan bahwa betapa tingginya nasionalisme yang dimiliki rakyat Indonesia pada waktu itu. Dan ini sangat berbanding jauh dengan rakyat Indonesia jaman sekarang yang kebanyakan dari mereka sudah teracuni oleh modernisme sehingga nasionalisme mereka menjadi luntur.
b. Dampak yang muncul apabila terjadi perceraian adalah status kewarganegaraan anak, status kewarganegaraan anak akan ikut bapaknya yang notabene adalah orang asing sehingga hak dan kewajiban yang diperoleh dari Negara Indonesia akan hilang. Ini berdampak apabila anak tersebut sudah dewasa dan terjadi perceraian. Ketika anak tersebut menetap di Indonesia maka anak tersebut termasuk orang asing dan harus membayar visa karena status anak tersebut adalah turis yang tinggal di Indonesia walaupun anak tersebut lahir dan besar di Indonesia.
SOAL
2. Setelah adanya otonomi daerah menunkukan gejala berupa pulau-pulau terluar yang masih dalam wilayah NKRI cenderung dikuasai secara diam-diam oleh Negara tetangga, berdasarkan kasus tersebut :
a. Apa dan bagaimana tanggapan saudara mengenai hal tersebut ?
b. Factor-faktor apa saja yang menyebabkan itu terjadi ?
c. Langlah-langlah apa saja yang perlu dilakukan pemerintah pusat NKRI? 
d. Langkah apa yang perlu silakukan pemerintah daerah ? tolong kemukakan aspirasi saudara pada pemerintah.


JAWAB :
a. Saya sangat sedih sekali apabila mendeganr berita itu, Indonesia yang wilayahnya terkenal dengan seribu pulau kini pulau-pulau terluar dicaplok oleh Negara tetangga. Sebagai warga Negara yang mencintai Negara ini saya merasa tidak rela sekali. Karena dengan nyawa para pahlawan mempertahankan wilayah NKRI agar tetap jaya dan merdeka. Namun karena semakin majunya zaman rasa nasionalisme itu kian luntur. Sehingga kurang begisa begitu menghargai wilayah NKRI secara utuh. Mereka yang mempunyai kepentingan dibalik semua ini harus bertanggung jawab kepada Negara dengan ulahnya tersebut.
b. Perhatian pemerintah yang kurang terhadap pulau-pulau terluar. Pemrintah pusat terkihat focus yang mereka kembangkan hanya terdapat didaerah pusat, pemerintah pusat kurang begitu memperhatikan keadaan di pulau-pualu terluar Indonesia karena menganggap sudah ada pemerintah daerah yang mengurusnya. Tetapi pemerintah pusat lupa bahwa pertahanan dan keamanan juga menjadi tanggung jawab pemerrintah pusat. Kurangnnya perhatian ini berdampak pada masyarakat dipulau tersebut, mereka merasa di anak tirikan oleh pemerintah pusat Indonesia dan kesejahteraan hidupnya pun sangat meprihatinkan ketika mereka merasa seperti itu datanglah Negara tetangga yang lebih bisa memperhatikan mereka dengan baik, sehingga kesejahteraan hidup mereka terjamin. Apabila ini terjadi secara terus menerus maka bisa diramalkan bahwa pulau tersebut akan dimiliki oleh Negara tetangga. Pemerintah daerah yang kurang bisa bersikap tegas terhadap Negara tetangga yang sudah mulai sedikit menjajah wilayahnya tersebut.
c. Langkah yang harus dilakukan pemerintah NKRI adalah pemerintah pusat harus lebih memperhatikan pualu-pulau terluar Indonesia, karena pualu tersebut terdapat Sumber Daya Alam yang bisa dimanfaatkan. Sehingga kesejahteraan masyarakat yang hidup di pulau tersebut akan membaik dan rasa nasionalisme yang mereka miliki juga akan tinggi sehingga tidak akan mudah dipengaruhi oleh pihak asing.jika perlu pemerintah pusat membentuk suatu tentara yang bertugas khusus untuk menjaga pulau terluar Indonesia sehingga masyarakat yang tinggal disitupun akan merasa nyaman. Pembangunan harus adil sama rata tidak hanya berpusat pada daerah pusat saja sehingga pulau terluar Indonesia pun juga mempunyai akses informasi yang tepat dan akurat.
d. Pemerintah daerah harus memberikan doktrin nasional yang kental kepada masyarakat sehingga masyarakat tidak mudah terpengaruh dengan intervensi yang dilakukan Negara tetangga. Dengan cara memberikan pendidikan mengenai sejarah dan perjuangan bangsa Indonesia ini untuk merdeka. Pelestarian budaya daerah yang sudah ada, dengan begitu masyaraktkan akan mencintai budayanya sendiri dan Negara tetangga juga tidak bisa mengklaim bahwa budaya yang dimiliki bangsa Indonesia akan dicuri. Membuka lapangan pekrjaan bagi mereka yang menganggur sehingga kesejahteraan hidup akan meningkat.
SUMBER : Demokrasi, Hak Asasi Manusia dan MAsyarakat Madani. Penulis Tim ICCE UIN Jakarta
SOAL
3. Akhir-akhir ini pemerintah Malaysia melakukan oerekrutan lascar watoniah terhadap pemuda-pemuda di Pontianak yang gunanya untuk menjaga batas wilayah antara NKRI dengan Malaysia diperbatasan wilayah kedua Negara tersebut :
a. Berdasarkan kasus tersebut apa pendapat dan bagaimana tanggapan saudara mengenai hal tersebut jika dikaitkan dengan wawasan kebangsaan saudara ?
b. Apa yang meyebabkan pemuda-pemuda Indonesia bersedia menjadi anggota lascar watoniah untuk mengamankan Negara /Malaysia ?
c. Langkah langkah apa yang perlu dilakukan pemerintah pusar NKRI? Kemukakan aspirasi anda atau usul minimal 5 usulan pada pemerintah !

JAWAB : 
a. Dalam hal ini jelas sekali bahwa Warga Negara Indonesia yang bersedia menjadi laskar watoniah bisa dipastikan bahwa rasa nasionalisme yang dimilikinya begitu rendah. Karena otomatis mereka yang menjadi laskar watoniah mempertahankan Negara Malaysia. Dan apabila terjadi perang antara Indonesia dan Malaysia tentu saja yang akan di ajukan adalah laskat watoniah dan nanti akan terjadi perang saudara sesama bangsa Indonesia. Ini dapat menyebabkan terpecahnya bangsa Indonesia. Selain ini, kasus tersebut juga menajdi tamparan keras bagi pemerintah, kasus ini menunkukan bahwa pemerintah kurang bisa membuat kesejahteraan bagi rakyatnya. Buktinya dengan iming-iming uang yang lebih para pemuda mau menjual nasionalismenya kepada pihak Malaysia. Agar mereka bisa menyambung hidup. Kurangnya perhatian pemerintah terhadap daerah perbatasan, sehingga dengan mudah pemuda Indonesia direkrut untuk menjadi laskar watoniah yang notabene adalah tentaranya Negara Malaysia.
b. Yang menyebabkan pemuda-pemuda Indonesia mau menjadi laskar watoniah adalah keadaan ekonomi mereka yang sulit karena krisis multidimensional yang terjadi di Indonesia, dengan iming-iming uang lebih pemuda Indonesia mau menjadi tentara Malaysia. Kurangnya perhatian pemerintah terhadap mereka yang berda didaerah perbatasan sehingga merasa di anak tirikan karena kesejahteraan hidupnya kurang. Lunturnya rasa nasionalisme pemuda-pemuda Indoneisa karena kekecewaan terhadap kinerja pemerintah pusat.
c. Langkah yang perlu dilakuakan pemerintah NKRi adalah :
1. Pendidikan nasionalisme harus diberikan terhadap pemuda-pemuda yang berada didaerah perbtasan sehingga apabila terjadi intervensi seperti ini pemuda-pemuda tersebut akan dapat menolak karena yang mereka bela bukanlah tanah airnya yang selama ini memberikan tempat tinggal bagi mereka.
2. Pembangunan daerah dipusatkan pada daerah-daerah terpencil tidak hanya di daerah pusat saja agar tidak terjadi ketimpangan yang begitu mencolok antara daerah yang terpencil dengan daerah pusat. Sehingga nantinya masyarakat didaerah terpencil tidak merasa di anak tirikan.
3. Dibukanya lapangan pekerjaan bagi pemuda-pemuda yang menganggur sehingga kesejahteraan hidupnya akan membaik. Dan ketika pemerintah Malaysia menawari untuk menjadi laskar watoniah dengan iming-iming gaji yang lebih besar para pemuda dengan tegas dapat menolaknya karena mereka sudah berpenghasilan dan kesejahteraan hidupnya sudah membaik.
4. Perhatian yang lebih pada daerah-daerah yang rawan akan terjadinya konvontrasi pihak asing terhadap Indonesia. Sehingga masyarakat dapat menaydari bahwa Malaysia sebenarnya iri denga kemajemukan dan kerukunan yang terjadi dalam bangsa Indonesia.
5. Dibentuknya tentara khusus yang menangani daerah perbatasan khusunya dengan Malaysia, dengan begitu Malaysia tidak akan berani berbuat macam-macam terhadap bangsa Indonesia.
6. Sikap tegas dari pemimpin Indonesia. Karena selama ini presiden kurng bisa begitu tegas terhadap kasus laskar watoniah ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar