Selasa, 29 Desember 2009

TUGAS SEMESTER 4

Model – Model Pembelajaran

Oleh :
Bakhtiardi Putra S (07110241001)

Zaenal Irawan (07110241024)


 Model pembelajaran pendidikan Indonesia harus terus dinamis sesuai dengan tuntutan zaman yang semakin modern ini. Model yang tidak cocok lagi hendaknya segera ditinggalkan agar pendidikan Indonesia tidak tertinggal lebih jauh. Model pemeblajaran yang inovatif dan menumbuhkan kreatifitas-kreatifitas peserta didiklah yang sekarang diperlukan. Kami mempunyai secuil gagasan mengenai model pembelajaran yang inovatif. Kami memberi nama “Picture Mixer”. Model pembelajaran ini, selain melatih akademis siswa, model ini juga melatih kerjasama, kepemimpinan, rasa percaya diri, serta menunbuhkan sifat tanggap dan kritis terhadap keadaan lingkungan. Untuk menggunakan model pembelajaran ini diperlukan beberapa langkah :
1. Guru menyajikan materi sebagai pengantar.
2. Siswa dibagi dalam kelompok
3. Tiap kelompok diberi gambar yang berbeda
4. Tiap kelompok mendiskusikan gambar yang telah diberi.
5. Setelah mendapat hasil, tiap kelompok kemudian dicampur dengan kelompok lain yang tentu saja berbeda gambar.
6. Kelompok baru tersebut saling bertukar informasi dan berdiskusi mengenai hasil kajian kelompok yang sebelumnya.
7. Kemudian diambil kesimpulan dari apa yang telah didiskusikan.
8. Guru menambahi apabila kesimpulan yang diambil siswa kurang sempurna.
Dari model ini diharapkan ketajaman siswa terhadap suatu masalah semakin meningkat, selain itu tingkat kebosanan dapat diminimalisir. Sehingga siswa dapat mengikuti pelajaran dengan baik dana dapat menyerap ilmu yang telah diajarkan oleh guru.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar