Selasa, 29 Desember 2009

TUGAS SMESESTE 1

PLATO SANG PENDIRI 
AKADEMIK
 Siapa sich sebernarnya Plato itu? Apakah dia memang sebegitu hebatnya? Jawaban yang jelas. Ya! Jika Thales adalah filsuf besar Yunani pertama, maka Plato dikenal sebagai filsuf Yunani yang paling terkenal. Plato dilahirkan dari pasangan Arinton dan Perictone, sekitar tahun 423 SM di Lingkungan Athena. Kota yang terkenal dengan kekayaan sejarah politiknya. Nama aslinya adalah Aristocles, nama bangsawan Athena. Tapi sehari-harinya dia dipanggil Platon (yang berarti "lebar") karena bahunya yang memang lebar. Karena menjaga tradisi kaluarganya, Plato memutuskan berkecipung dalam kehidupan politik. Sehingga dalam usia yang muda, Plato menunjukkan ambisinya dalam peperangan dan politik. Walaupun sebenarnya dia tidak benar-benar bersimpatik pada Demokrasi Athena. 
Rasa simpatiknya pada Partai Demokrat semakin habis ketika mereka menghukum mati Socrates, guru dan penasehatnya selama 10 tahun. Dia sangat terpukul dengan peristiwa itu sehingga meninggalkan kota Athena. Dari peristiwa itu dia berkeyakinan bahwa "Raja adalah (seharusnya) seorang filsuf atau seorang filsuf adalah Raja". Keyakinan yang tidak akan pernah terjadi.
Plato kembali ke Athena pada tahun 387 SM, setelah mengembara di daerah Afrika dan Italia. Pada saat itulah dia memcurahkan separuh hidupnya pada filsafat. Plato lebih berkosentrasi pada tulisan-tulisan ilmu populer dan filsafat yang dia publikasikan. Tulisan-tulisannya lebih banyak tentang diskusi antara Socrates dengan beberapa ilmuwan lainnya. Dari tulisan-tulisan inilah kita jadi tahu beberapa pandangan, ide dan pikiran Socrates, Plato senditi dan beberapa ilmuwan lainnya pada masa itu.
Dan pada saat itulah, dia mendirikan sebuah sekolah di daerah barat pinggiran kota. Sekolah ini dikukuhkan sebagai universitas pertama di dunia. Lha, terus dari mana nama akademi muncul? Nama akademi diambil dari nama seorang tokoh gerakan bawah tanah terkenal Yunani, yaitu Academus. Sayangnya, akademi ditutup pada tahun 529 M, oleh Raja Romawi Timur, Jutinian. Walau demikian, istilah itu masih digunakan dalam dunia pendidikan sampai sekarang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar